Memahami Emosional
Kecerdasan
People Skills
Tim UM
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 5
Pengantar
Selama dua dekade terakhir organisasi telah melihat pergeseran mendasar dalam
gaya manajemen. Peran menjadi lebih berorientasi pelanggan dan
berbasis pengetahuan dengan kebutuhan untuk bekerja sebagai sebuah tim. Hal ini telah mengakibatkan
individu yang memiliki otonomi yang lebih secara keseluruhan, bahkan pada tingkat yang cukup rendah dalam
organisasi.
Pengantar
Selama dua dekade terakhir organisasi telah melihat pergeseran mendasar dalam
gaya manajemen. Peran menjadi lebih berorientasi pelanggan dan
berbasis pengetahuan dengan kebutuhan untuk bekerja sebagai sebuah tim. Hal ini telah mengakibatkan
individu yang memiliki otonomi yang lebih secara keseluruhan, bahkan pada tingkat yang cukup rendah dalam
organisasi.
Hal ini telah menciptakan budaya organisasi yang kurang otokratik dengan
hanya
beberapa tingkat manajemen. Sifat organisasi tersebut memiliki
diperbolehkan mereka dengan keterampilan sosial yang sangat berkembang untuk menjadi sesukses
beberapa tingkat manajemen. Sifat organisasi tersebut memiliki
diperbolehkan mereka dengan keterampilan sosial yang sangat berkembang untuk menjadi sesukses
orang-orang yang berprestasi secara akademis. Timeline sejarah 'sosial atau emosional
kecerdasan 'menunjukkan ini bukan konsep baru, tapi satu yang dari waktu ke waktu memiliki
kesepakatan umum diperoleh sebagai elemen kunci keberhasilan di tempat kerja.
Kecerdasan emosional dapat disingkat (EI), dan juga dapat disebut
Emotional Quotient sebagai (EQ).
kecerdasan 'menunjukkan ini bukan konsep baru, tapi satu yang dari waktu ke waktu memiliki
kesepakatan umum diperoleh sebagai elemen kunci keberhasilan di tempat kerja.
Kecerdasan emosional dapat disingkat (EI), dan juga dapat disebut
Emotional Quotient sebagai (EQ).
Para psikolog Salovey dan Mayer
awalnya menciptakan istilah 'emosional
intelijen 'pada tahun 1990. Namun, Daniel Goleman mempopulerkan itu pada tahun 1995 di
judul buku laris nya, Emotional Intelligence: Mengapa bisa Cetakan Lebih
daripada IQ. Goleman mendefinisikan kecerdasan emosional sebagai:
intelijen 'pada tahun 1990. Namun, Daniel Goleman mempopulerkan itu pada tahun 1995 di
judul buku laris nya, Emotional Intelligence: Mengapa bisa Cetakan Lebih
daripada IQ. Goleman mendefinisikan kecerdasan emosional sebagai:
©www.free-manajemen-ebooks.com 2014 5
6 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE
'Memahami perasaan sendiri, empati terhadap perasaan orang lain
dan regulasi emosi dengan cara yang meningkatkan hidup. "
Apa yang membuat buku ini begitu populer adalah dua klaim:
Pertama,
Kecerdasan emosional mungkin lebih penting untuk sukses pribadi
daripada IQ.
Kedua,
Tidak seperti IQ kecerdasan emosional dapat ditingkatkan.
Kedua klaim bergaung dengan orang-orang dan membuat ide emosional
intelijen topik hangat bagi siapa saja yang terlibat dengan pengembangan pribadi.
6 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE
'Memahami perasaan sendiri, empati terhadap perasaan orang lain
dan regulasi emosi dengan cara yang meningkatkan hidup. "
Apa yang membuat buku ini begitu populer adalah dua klaim:
Pertama,
Kecerdasan emosional mungkin lebih penting untuk sukses pribadi
daripada IQ.
Kedua,
Tidak seperti IQ kecerdasan emosional dapat ditingkatkan.
Kedua klaim bergaung dengan orang-orang dan membuat ide emosional
intelijen topik hangat bagi siapa saja yang terlibat dengan pengembangan pribadi.
Sementara buku pertama Goleman membuat
kasus yang menarik untuk pentingnya
Teori kecerdasan emosional (EQ - Emotional Quotient), tidak ada
cara praktis menerapkannya pada situasi manajemen. Dalam buku ini ia
mengidentifikasi lima 'domain' dari EQ:
Teori kecerdasan emosional (EQ - Emotional Quotient), tidak ada
cara praktis menerapkannya pada situasi manajemen. Dalam buku ini ia
mengidentifikasi lima 'domain' dari EQ:
·
Tahu emosi Anda
6 ©www.free-manajemen-ebooks.com 2014
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 7
Memanage emosi Anda sendiri
Memotivasi diri diri
Menghargai dan memahami emosi orang lain
Hubungan Managing (yaitu mengelola emosi orang lain)
Dalam Bekerja dengan Emotional Intelligence, buku keduanya, ia menjelajahi bagaimana
kinerja kita di tempat kerja yang berkaitan dengan bagaimana kita berurusan dengan orang lain dan dilakukan
diri kita sendiri.
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 7
Memanage emosi Anda sendiri
Memotivasi diri diri
Menghargai dan memahami emosi orang lain
Hubungan Managing (yaitu mengelola emosi orang lain)
Dalam Bekerja dengan Emotional Intelligence, buku keduanya, ia menjelajahi bagaimana
kinerja kita di tempat kerja yang berkaitan dengan bagaimana kita berurusan dengan orang lain dan dilakukan
diri kita sendiri.
Sejak
tahun 1995 banyak buku bisnis telah ditulis pada emosional
intelijen di tempat kerja dan sebagian penulis telah menggunakan model Goleman.
Sementara ada beberapa kesepakatan bersama antara Goleman dan lainnya
penulis dan peneliti bahwa:
Intelijen Emotional ada
Itu merupakan faktor dalam keberhasilan pribadi dan profesional
Itu dapat ditingkatkan
Ada juga beberapa perbedaan pendapat yang cukup mendasar. Hal ini tidak mengherankan
di daerah yang relatif belum matang psikologi yang memiliki banyak prestise
dan manfaat keuangan yang terkait dengan itu. Untuk peneliti akademis ini
prestise mengambil bentuk pengakuan profesional dan dana terkait untuk
penelitian. Untuk organisasi komersial itu adalah imbalan keuangan yang diperoleh
dari membuat dan menjual metode eksklusif untuk pemilihan staf atau
pengembangan profesional.
intelijen di tempat kerja dan sebagian penulis telah menggunakan model Goleman.
Sementara ada beberapa kesepakatan bersama antara Goleman dan lainnya
penulis dan peneliti bahwa:
Intelijen Emotional ada
Itu merupakan faktor dalam keberhasilan pribadi dan profesional
Itu dapat ditingkatkan
Ada juga beberapa perbedaan pendapat yang cukup mendasar. Hal ini tidak mengherankan
di daerah yang relatif belum matang psikologi yang memiliki banyak prestise
dan manfaat keuangan yang terkait dengan itu. Untuk peneliti akademis ini
prestise mengambil bentuk pengakuan profesional dan dana terkait untuk
penelitian. Untuk organisasi komersial itu adalah imbalan keuangan yang diperoleh
dari membuat dan menjual metode eksklusif untuk pemilihan staf atau
pengembangan profesional.
Tugas seorang manajer adalah untuk mencapai tujuan bisnis dan pribadi
melalui penggunaan orang lain. Ini termasuk tim manajer sendiri
dan manajer lain dalam organisasi, serta pelanggan dan
pemasok. Untuk menjadi manajer yang sukses Anda harus memiliki yang baik
pemahaman kecerdasan emosional, seberapa baik dikembangkan EI sendiri, adalah
dan bagaimana menggunakannya untuk mencapai tujuan Anda.
©www.free-manajemen-ebooks.com 2014 7
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 9
Apa Kecerdasan Emosional (EQ) Lima domain model EQ Goleman ini telah menjadi de facto standar sejauh menerapkan kecerdasan emosi di tempat kerja adalah yang bersangkutan. Banyak model-berorientasi bisnis merupakan lima domain dalam empat kuadran: dua merupakan kompetensi pribadi dan dua mewakili kompetensi sosial.
Kompetensi pribadi
Daerah ini kompetensi berkaitan dengan tiga dari lima 'domain' Goleman disebut dan dibagi menjadi dua kuadran: kesadaran diri dan manajemen diri. Kesadaran diri - berarti bahwa Anda memahami bagaimana perasaan Anda dan dapat akurat menilai keadaan emosi Anda sendiri. www.free ©-manajemen-ebooks.com 2014 9 10 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE Ada tiga komponen untuk kuadran ini: kesadaran diri, akurat penilaian diri, dan kepercayaan diri. Penilaian diri termasuk memahami kekuatan dan kelemahan Anda sendiri. Hal ini juga tentang menjadi bersedia untuk mengeksplorasi mereka berdua, baik dengan berpikir tentang mereka sendiri atau dengan mendiskusikannya dengan orang lain. Percaya diri adalah kemampuan untuk tanah diri sehingga Anda aman dan percaya diri dalam Situasi apa pun yang Anda mungkin menemukan diri Anda. Self-manajemen - dibangun di atas pemahaman yang diperoleh dengan kesadaran diri dan melibatkan mengendalikan emosi Anda sehingga mereka tidak mengontrol Anda. Hal ini bisa sama-sama disebut pengendalian diri - di lain kata-kata bagaimana Anda mengatur untuk menjaga keseimbangan Anda dalam menghadapi setiap masalah atau provokasi yang mungkin Anda hadapi. Ini terlihat bagaimana dapat dipercaya dan teliti Anda, serta bagaimana Anda memotivasi diri Anda untuk mencapai, dengan mempertimbangkan tingkat komitmen dan optimisme.
Kompetensi sosial
Daerah ini kompetensi berkaitan dengan Goleman tersisa dua 'domain': kesadaran sosial dan keterampilan sosial. Keterampilan ini melihat seberapa baik Anda mengelola hubungan Anda dengan orang lain, termasuk emosi mereka. Kesadaran sosial - melibatkan memperluas kesadaran Anda untuk memasukkan emosi dari orang-orang di sekitar Anda. Ini termasuk mampu berempati dengan orang lain dan menyadari bagaimana organisasi yang Anda bekerja di mempengaruhi mereka. Ini mencakup kemampuan Anda untuk membaca lingkungan dan kekuatan hubungan emosional yang Anda temui dalam Anda peran.
www.free ©10-manajemen-ebooks.com
2014
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 11
Manajemen hubungan -
berarti menggunakan kesadaran Anda sendiri
emosi dan orang lain untuk membangun hubungan yang kuat. Ini mencakup identifikasi, analisis, dan manajemen hubungan dengan orang di dalam dan di luar tim Anda serta perkembangan mereka melalui umpan balik dan coaching. Hal ini juga mencakup kemampuan Anda untuk berkomunikasi, membujuk, dan memimpin orang lain, sementara yang langsung dan
Sebelum menjelajahi model yang berbeda yang digunakan untuk mengukur EQ Anda itu sangat berharga mengetahui lebih lanjut tentang asal-usul dan keterbatasan daerah ini psikologi, karena masih sangat banyak 'work in progress. "
©www.free-manajemen-ebooks.com
2014 11
12 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE
Kecerdasan
Emosional (EQ) dan IQ
Ketika psikolog pertama mulai menulis dan berpikir tentang intelijen, mereka difokuskan pada aspek kognitif seperti memori dan pemecahan masalah untuk alasan sederhana bahwa mereka mudah untuk diukur. Hal ini dikenal sebagai Intelligence Quotient, atau IQ. Namun, ada peneliti yang diakui sejak awal bahwa aspek non-kognitif juga penting. Pada awal tahun 1940-an psikolog mengacu 'non-intellective' sebagai serta unsur 'intellective' kecerdasan, dimana mereka berarti pribadi dan faktor sosial. Selain itu, mereka mengusulkan bahwa non-intellective kemampuan sangat penting untuk memprediksi kemampuan seseorang untuk berhasil di tempat kerja dan dalam kehidupan.
Teori-teori ini diberi
dukungan oleh Studi
Kepemimpinan Ohio State
(1940) yang menemukan bahwa pemimpin yang mampu membangun 'saling percaya, hormat, dan kehangatan tertentu dan hubungan 'dengan anggota kelompok mereka akan menjadi lebih efektif. Selain itu, Kantor AS Strategic Services dikembangkan proses penilaian yang meliputi evaluasi non-intellective kemampuan.
Ini berkembang
menjadi 'assessment center,' yang
pertama kali digunakan dalam
sektor swasta di AT & T di pertengahan 1950-an. Banyak atribut pribadi diukur di pusat-pusat pengkajian melibatkan faktor-faktor sosial dan emosional seperti sebagai inisiatif, kepekaan, dan keterampilan interpersonal.
Para psikolog Salovey dan Mayer
pertama menggunakan istilah 'emosional
intelijen 'pada tahun 1990. Mereka mendefinisikannya sebagai' bentuk kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan untuk memonitor sendiri dan perasaan dan emosi orang lain, untuk membedakan antara mereka, dan menggunakan informasi ini untuk membimbing satu ini berpikir dan tindakan. "
©www.free-manajemen-ebooks.com
2014
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 13 Salovey dan Mayer memulai program penelitian untuk mengembangkan langkah-langkah yang valid kecerdasan emosional dan untuk mengeksplorasi maknanya. underlying Salovey dan pendekatan Mayer adalah keyakinan bahwa ada sejumlah kecil keterampilan khusus yang semuanya harus dilakukan dengan baik akurasi atau efektivitas.
Ini dapat diringkas
sebagai akurasi pada mengamati dan
memahami kondisi emosional dalam diri dan orang lain, dan efektivitas mengatur, mengendalikan, dan menggunakan emosi ini dalam rangka mencapai satu gol. Mereka mengusulkan bahwa ada empat aspek mendasar emosional intelijen: Mengenali emosi Paham emosi Pengaturan emosi Menggunakan emosi Seluruh ide kecerdasan emosional sebagai sesuatu yang serius belajar layak mengajukan banding ke kelompok yang tumbuh dari peneliti yang menjadi perhatian dengan seberapa buruk tes IQ tradisional memprediksi keberhasilan seseorang di masa depan. A www.free ©-manajemen-ebooks.com 2014 13 14 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE
Sejumlah penelitian ilmiah
telah dinilai sebagai
IQ akuntansi antara
4%
dan 25% dari varians dalam kinerja kerja, yang jauh lebih rendah dari satu awalnya harapkan. Bahkan jika angka 25% yang diterima, ini berarti bahwa tiga perempat variabilitas yang kita lihat dalam kinerja kerja bukanlah hasil dari IQ dan harus karena sesuatu yang lain. Sebuah contoh dari penelitian tentang batas-batas IQ sebagai prediktor adalah Studi Sommerville, penyelidikan 40-tahun dari 450 anak laki-laki yang dibesarkan di Sommerville, Massachusetts. Studi ini menemukan bahwa IQ memiliki sedikit hubungan dengan seberapa baik mereka lakukan di tempat kerja atau di sisa hidup mereka. Apa yang membuat yang terbesar kemampuan anak usia Perbedaan yang seperti mampu mengendalikan emosi dan bergaul dengan orang lain. Kesan kadang-kadang diberikan bahwa kecerdasan emosional yang tinggi entah bagaimana mungkin mengkompensasikan IQ rendah. Ini telah memberikan palsu kesan bahwa IQ tidak peduli sangat banyak. Ini mengabaikan fakta bahwa dalam pekerjaan tertentu kemampuan untuk lulus ujian adalah prasyarat dan ini mungkin menuntut IQ tinggi. www.free ©14-manajemen-ebooks.com 2014
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 15
Namun, setelah Anda ditetapkan
dalam pekerjaan tertentu, kesuksesan lebih
mungkin tergantung pada kemampuan Anda untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan dan untuk mendapatkan rukun dengan rekan kerja dan bawahan daripada pada memiliki tambahan sepuluh poin IQ. Jadi, apa bukti bahwa kecerdasan emosional adalah penting dalam bisnis? Karya Salovey dan Mayer hampir pasti tidak akan pernah telah menjadi dikenal di luar psikologi akademik kecuali salah satu kunci acara. Tahun 1995 melihat publikasi dari buku laris Emotional Intelijen oleh Dr Daniel Goleman, diikuti tiga tahun kemudian oleh Kerja dengan Kecerdasan Emosional oleh penulis yang sama.
Kedua buku ini adalah sangat berpengaruh dan menandai awal
kecerdasan emosional sebagai sesuatu yang diakui oleh arus utama Teori-teori bisnis dan penulis. www.free ©-manajemen-ebooks.com 2014 15 16 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE Dr Goleman menegaskan, "Kriteria untuk sukses di tempat kerja berubah. kita sedang dinilai oleh tolok ukur baru: tidak hanya dengan seberapa pintar kita, atau dengan kami pelatihan dan keahlian, tetapi juga oleh seberapa baik kita menangani diri kita sendiri dan masing-masing yang lainnya. Tolok ukur ini semakin diterapkan dalam memilih siapa yang akan dipekerjakan dan siapa yang tidak, siapa yang akan membiarkan pergi dan siapa yang ditahan, yang melewati dan yang dipromosikan ... ' Sebagaimana telah kita lihat, definisi Goleman kecerdasan emosional mengusulkan empat domain luas EQ. Ini terdiri dari 19 kompetensi:
Kesadaran Diri
1. Emotional kesadaran diri: Membaca emosi sendiri seseorang dan mengakui dampaknya 2. Akurat penilaian diri: mengetahui kekuatan seseorang dan batas 3. Percaya diri: rasa suara seseorang diri dan
kemampuan Swakelola
4. Emosional pengendalian diri: Menjaga emosi mengganggu dan impuls terkendali 5. Transparansi: Menampilkan kejujuran dan integritas; kepercayaan 6. Adaptasi: Fleksibilitas dalam beradaptasi dengan situasi berubah atau hambatan mengatasi 7. Prestasi: Dorongan untuk meningkatkan kinerja untuk memenuhi batin standar keunggulan 8. Inisiatif: Kesiapan untuk bertindak dan menangkap peluang 9. Optimisme: Melihat terbalik dalam acara-acara
Kesadaran sosial
10. Empati: Merasakan emosi orang lain, memahami mereka perspektif, dan mengambil minat aktif dalam keprihatinan mereka 11. Kesadaran Organisasi: Membaca arus, keputusan jaringan, dan politik di tingkat organisasi
www.free ©16-manajemen-ebooks.com
2014
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 17
kebutuhan Relationship Management 13. Kepemimpinan Inspiratif: Membimbing dan memotivasi dengan menarik penglihatan 14. Pengaruh: Memegang berbagai taktik untuk persuasi 15. Mengembangkan orang lain: Memperkuat kemampuan orang lain melalui umpan balik dan bimbingan 16. Ubah katalis: Memulai, mengelola, dan memimpin dalam baru arah Manajemen 17. Konflik: Menyelesaikan perselisihan Obligasi 18. Bangunan: Budidaya dan memelihara jaringan hubungan 19. Teamwork dan kolaborasi: Kerjasama dan team building www.free ©-manajemen-ebooks.com 2014 17 18 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE
www.free ©18-manajemen-ebooks.com
2014
UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 19
Pekerjaan Konsorsium
Penelitian Emotional Intelligence
(EI) di
Organizationshas mengidentifikasi lima studi penelitian utama yang mendukung pentingnya keterampilan emosional dan sosial individu penting untuk
www.free ©-manajemen-ebooks.com
2014 19
20 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE
Keberhasilan di tempat kerja. Gambaran yang diberikan oleh Konsorsium ditampilkan di bawah untuk masing-masing studi penelitian ini. Studi 1- mitra berpengalaman dalam sebuah perusahaan konsultan multinasional yang dinilai pada kompetensi EI ditambah tiga orang lainnya (Boyatzis, 1999). temuan: Partners yang mencetak di atas median pada sembilan atau lebih dari 20 kompetensi disampaikan $ 1.200.000 keuntungan lebih dari mereka account daripada mitra lainnya. 139 % keuntungan tambahan. Studi 2- Sebuah analisis lebih dari 300 eksekutif tingkat atas dari 15 dunia perusahaan menunjukkan bahwa enam kompetensi emosional dibedakan bintang dari rata-rata (Spencer, 1997). temuan: Distinguishing Kompetensi Emosional: o Pengaruh o Tim Kepemimpinan o Kesadaran Organisasi, Percaya diri, o Prestasi drive o dan Kepemimpinan www.free ©20-manajemen-ebooks.com 2014 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE 21
Studi 3- melihat ke dalam produktivitas 'pemain top'
dalam pekerjaan dari media
kompleksitas (pegawai misalnya penjualan, mekanik) dan pekerjaan yang paling kompleks (misalnya penjual asuransi, manajer account) (Hunter, Schmidt, & Judiesch, 1990). temuan: Pemain Top dalam pekerjaan kompleksitas menengah adalah: o 12 kali lebih produktif daripada yang di bagian bawah. o 85% lebih produktif daripada pemain rata-rata. Pemain Top dalam pekerjaan yang paling kompleks adalah: o127% lebih produktif daripada pemain rata-rata Penelitian Kompetensi dalam lebih dari 200 perusahaan dan organisasi di seluruh dunia menjadi top performer menunjukkan bahwa (Goleman, 1998): one sepertiga dari perbedaan ini adalah karena keterampilan teknis dan kognitif kemampuan.
www.free ©-manajemen-ebooks.com
2014 21
22 UNDERSTANDING EMOTIONAL INTELLIGENCE dua pertiga adalah karena kompetensi emosional di posisi kepemimpinan atas, selama empat-perlima dari perbedaan ini disebabkan kompetensi emosional. Studi 4- Di L'Oreal, penelitian (Spencer & Spencer, 1993; Spencer, McClelland & Kelner, 1997) menunjukkan bahwa agen penjualan yang dipilih atas dasar kompetensi emosional tertentu penjual signifikan outsold yang dipilih menggunakan prosedur lama perusahaan murah. temuan: On secara tahunan, tenaga penjual yang dipilih atas dasar kompetensi emosional dijual $ 91.370 lebih dari tenaga penjual lainnya lakukan, untuk peningkatan pendapatan bersih sebesar $ 2.558.360. Salespeople dipilih berdasarkan kompetensi emosional juga memiliki 63% lebih sedikit omset pada tahun pertama daripada yang dipilih dalam cara khas. Studi 5- dalam penelitian perusahaan asuransi nasional menunjukkan perbedaan premi kebijakan dijual (Hay / McBer Penelitian dan Inovasi Group, 1997). temuan: Agen penjualan Insurance yang lemah dalam emosional kompetensi (yaitu kepercayaan diri, inisiatif, dan empati) dijual kebijakan dengan premi rata-rata $ 54.000. Agen penjualan Insurance yang sangat kuat dalam setidaknya lima dari delapan kompetensi emosional kunci dijual kebijakan senilai $ 114.000. Jika Anda ingin mengetahui rincian lebih lanjut tentang masing-masing lima penelitian atau membaca makalah lengkap yang ditulis oleh Cary Cherniss, Ph.D. (Graduate School of Applied dan Profesional Psikologi, Universitas Rutgers) klik pada URL Konsorsium untuk Penelitian Emotional Intelligence dalam Organisasi (disebut dalam e-book sebagai 'Konsorsium') -www.eiconsortium.org www.free ©22-manajemen-ebooks.com 2014 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar